Tuesday, April 30, 2013

Jenis Dan Teknik Memotong Sayur

Jenis Dan Teknik Memotong Sayur -Teknik memotong sayur yang saya maksut disini bukan teknik memotong sayuran yang digunakan untuk garnish makanan. Dalam teknik memotong sayur kali ini yang saya bahas adalah teknik memotong sayur yang erat hubunggannya dengan makanan Eropa, dan sebagian besar dipergunakan sebagai bahan sup dan saus.

Jika sista berminat menggeluti bidang kuliner secara serius, mengetahui jenis dan teknik memotong sayur adalah hal wajib yang harus diketahui. Saya ingat waktu saya pertama berkerja dulu, setiap hari pekerjaann saya hanya memotong dan memotong. Oleh sebab itu saya share beberapa pengetahuan saya tentang jenis dan teknik pemotongan sayur secara international.

Jenis Dan Teknik Memotong Sayur

Jenis dan teknik memotong sayur dibagi menjadi beberapa macam antara lain:
JULIENE
Potongan sayur juliene adalah potongan sayur berbentuk batang korek api atau balok kecil dengan ukuran 30 x 1 x 1 mm. Biasanya diterapkan pata saat kita memotong lobak, wortel, leek (batang bawang pre) atau kentang

BRUNOISE
Potongan sayur Brunoise berbentuk kubus kecil dengan ukuran 1 x 1 x 1 mm. Potongan ini nampak seperti potongan juliene yang dipotong dalam bentuk kubus.

JARDINIERE/BATONETTE
Jardiniere/ batonette adalah teknik memotong sayur dengan bentuk balok dengan ukuran 3 x 1 x 1 cm atau 30 x 10 x 10 mm. Biasanya potongan sasur jenis ini digunakan pada sayuran wortel, green bean, kentang, lobak atau celery root.

MENCODINE
Jenis potongan mencodine biasa disebut juga dengan Dice atau Cube. Seperti namanya potongan sayur jenis ini berbentuk bujur sanggkar dengan ukuran 1 x 1 x 1 cm.

PAYSANE
Potongan sayur paysane berbentuk bujur sangkar dengan ukuran 1 x 1cm x 2mm

LAUSANGE
Potongan sayur lausange berbentuk belah ketupat dengan ukuran 10 x 10 x 2 mm

CHIFFONADE
Potongan ini khusus untuk keluarga kol, seperti selada atau kubis yang dipotong atau di iris setebal 1-2mm memanjang.

CHOPPED
Mungkin untuk teknik memotong sayur yang ini ibu-ibu dan sista sudah sering mendengar. Chopped berarti di cincang yang mungkin halus mungkin juga kasar. Potongan sayur jenis ini tidak memiliki bentuk yang pasti.

WEDGES
Potongan sayur jenis wedges ini biasa digunakan pada tomat atau buah  yang dipotong mengikuti juring buah.

TURNING
Teknik memotong sayur turning juga dikenal dengan teknik memotong sayur barrel atau seperti drum atau seperti telur berpenampang enam.

No comments:

Post a Comment

Suka resep ini, tinggalkan komentar :)