Saturday, April 13, 2013

Pengertian Mirepoix

Pengertian Mirepoix - Mirepoix, bagi industri kuliner khususnya western food istilah Mirepoix sering digunakan, ya! karena mirepoix adalah dasar untuk membuat kaldu, agar kaldu memiliki cita rasa yang special.

Agar pengunjung blog Kokiku-Tobipuken tidak bingung jika saya menggunakan istilah merpoix pada resep-resep saya, oleh sebab itu saya ingin berbagi apa itu pengertian Merpoix. Merpoix adalah adalah campuran bawang bombay, wortel, bawang prei dan seledri yang dipotong kasar. Campuran ini ditambahkan pada masakan daging, ikan dan saus untuk memperkaya citarasanya.

Perbandingan bahan untuk mirepoix adalah  seperti berikut:
Dalam hal ini saya menggunakan sample 2 liter kaldu. Untuk membuat 2 liter kaldu ibu-ibu dan mbak-mbak bisa menggunakan 100 gram bawang bombay, 50 gram wortel dan 25 gram seledri.

Nah! bagaimana sudah cukup jelaskan? jadi gak perlu binggung lagi jika dalam resep saya ada istilah Merepoix. Untuk kesempatan lain saya akan bahas tentang istilah Bouquet Garnie

No comments:

Post a Comment

Suka resep ini, tinggalkan komentar :)