Monday, May 20, 2013

Resep Dan Cara Membuat Crème Brûlee Yang Benar

Resep Dan Cara Membuat Crème Brûlee Yang Benar - Apa itu Creme Brulee? Creme Brulee adalah dessert yang terbuat dari campuran antara telur, tepung custard, gula dan cream dan bercitarasa manis dengan topping karamelCreme Brulee juga dikenal sebagai krim bakar, crema catalana.  

Menbuat Creme Brulee itu gampang-gampang susah. Permasalahan yang sering timbul saat membuata creme brulee adalah masih tertinggalnya rasa amis telur, dan juga teksturnya yang masih sedikit kasar bahkan creme brulee yang menjadi kempis. Selain itu, gelembung udara yang muncul di permukaan kue juga akan mengganggu penampilan kue yang seharusnya mulus. Creme brulee yang sempurna harus memiliki tekstur yang lembut dan kenyal mirip puding.


Sebelum saya berbagi resep dan cara membuat Creme Brulee ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan agar Creme Brulee tidak kasar.  Untuk menghasilkan creme brulee yang lembut, maka seharusnya telur yang ada di dalam resep ini dikocok hingga kaku dan berwarna putih. Pengocokan telur sampai putih ini bertujuan untuk memperkokoh pondasi kue agar tak kempis saat dipanggang dan tak menyebabkan kue tak mengembang sempurna atau bantat. Selain itu, pengocokan sampai putih ini juga menghilangkan aroma amis dari kue ini dan membuat kue ini terasa lembut dan ringan saat dimakan.

 Resep Dan Cara Membuat Crème Brûlee Yang Benar

Bahan:
5 kuning telur ayam
250 ml susu cair
1 buah batang vanili, belah menjadi 2 bagian
100 g gula pasir
250 ml krim kental
1 sdm gula pasir berbutir halus


Cara Membuat:

1. Crème Brûlee: Kocok lepas kuning telur. Didihkan susu, vanili, gula pasir, dan krim kental, aduk rata. Angkat, masukkan ke dalam kuning telur kocok, aduk rata. Saring.

2. Tuang ke dalam wadah saji kecil volume 100 ml. Panggang dengan cara au bain marie (meletakkan di atas wadah berisi air, seperti ditim) dalam oven panas suhu 1300 C selama 50 menit. Angkat, dinginkan.

3. Taburi gula pasir, panggang kembali sebentar dalam oven menggunakan api atas hingga gula menjadi karamel. Angkat. Sisihkan.
   

No comments:

Post a Comment

Suka resep ini, tinggalkan komentar :)