Saturday, June 8, 2013

Macam-macam Bumbu Masakan Bali

Macam-macam Bumbu Masakan Bali - Siapa yang tidak kenal dengan masakan atau makanan Bali, seperti babi guling, ayam betutu, serombotan, dll. Pada dasarnya bumbu yang digunakan sama tetapi ada istilah untuk penggunaan bumbu tersebut. Mungkin di blog ini nanti akan banyak resep-resep masakan Bali. Jadi.... untuk mempermudah Anda sebagai pembaca dan pempermudah saya sebagai penulis blog, alangkah baiknya saya share macam-macam bumbu yang sering digunakan pada masakan Bali.

Saya mengatakan, selama ini dan selama yang saya lihat serta pelajari, bahwa mereka para koki Indonesian Foot tidak pernah menimbang bumbu-bumbu Bali untuk masakan mereka, melainkan berdasarkan kira-kira atau feel mereka. Tapi saya berusa membuat ukuran bumbu-bumbu, sehingga Anda bisa menbuatnya sendiri di rumah.


Bumbu Kele I (Bumbu Hitam)

Bahan:
20 gram Merica Hitam
10 gram Pala
5 gram Cengkeh
25 gram Kemiri
50 gram Kencur
100 gram Bawang putih
150 gram Kulit kelapa panggang

Cara membuat: semua bahan diatas dihaluskan lalu digoreng


Bumbu Kele II (Bumbu Putih) 

Bahan:
100 gram Jahe
125 gram Lengkuas
60 gram Kemiri
20 gram Ketumbar

Cara membuat: Semua bahan dihaluskan lalu digoreng




No comments:

Post a Comment

Suka resep ini, tinggalkan komentar :)